Jumat, 18 Februari 2011

Purse Seine (Jaring Kantong)

Alat Tangkap Purse Seine

Alat tangkap purse seine biasanya disebut jaring kantong karena bentuk jaring tersebut waktu dioperasikan menyerupai kantong. Alat tangkap purse seine kadang disebut juga jaring kolor karena pada bagian jaring (tali ris bawah) dilengkapi dengan tali kolor yang gunanya untuk menyatukan bagian bawah jaring sewaktu operasi dengan cara menarik tali kolor tesebut. (Usemahu, A.R. dan Tomasila, L.A, 2003)
Alat tangkap purse seine digunakan untuk menangkap ikan yang bergerombol (schooling) di permukaan laut. Oleh karena itu, jenis – jenis ikan yang tertangkap adalah jenis – jenis ikan pelagis yang hidupnya bergerombol. (Usemahu, A.R. dan Tomasila, L.A, 2003)
Ikan – ikan tertangkap dengan purse seine karena gerombolan ikan tersebut dikurung oleh jaring sehingga pergerakannya terhalang oleh jaring dari dua arah, baik pergerakan ke samping (horizontal) maupun pergerakan ke arah dalam (vertikal). (Usemahu, A.R. dan Tomasila, L.A, 2003)

Alat Bantu Pengoperasian Purse Seine

Menurut Usemahu, A.R. dan Tomasila, L.A. (2003), alat bantu pengoperasian pada jaring purse seine ada beberapa macam antara lain sebagai berikut :
- Rumpon
- Lampu galaxy 60 buah
- Lampu philips 14 buah
- Roler
- Gardan 2 buah
- Derek
- Tanggo
- Fish finder

Cara Pengoperasian Alat Tangkap Purse Seine

Menurut Usemahu, A.R. dan Tomasila, L.A, 2003, dalam teknik pengoperasian alat tangkap purse seine meliputi dua tahap yaitu :
- Tahap setting
- Tahap hauling

1. Tahap setting
Setelah memperhatikan segala faktor yang mempengaruhi pelingkaran alat, barulah dapat ditentukan kemana arah pelingkaran dan pada posisi bagaimana jaring harus dilingkarkan. (Usemahu, A.R. dan Tomasila, L.A, 2003).
Dalam pengoperasian alat tangkap purse seine dapat dilakukan dengan urutan kerja sebagai berikut :
- Mula – mula ujung tali kolor yang diberi pelampung tanda disatukan dengan ujung – ujung tali ris atas dan tali ris bawah ditempatkan ke posisi yang sudah ditentukan.
- Selanjutnya kapal penangkap segera melingkari gerombolan ikan sambil menurunkan jaring dan peralatannya (jaring, pelampung, pemberat, ring) menuju ke ujung tali kolor yang telah dilemparkan pada waktu permulaan.

2. Tahap hauling
Setelah jaring membentuk satu lingkaran penuh, maka pelampung yang pertama dilemparkan diangkat ke atas kapal dan selanjutnya tali kolor ditarik sambil menarik sebagian alat (bagian sayap), dengan demikian ikan – ikan akan terkurung dan tidak dapat meloloskan diri lagi baik ke arah samping atau ke arah bawah (Usemahu, A.R. dan Tomasila, L.A, 2003)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar